Friday, June 21, 2013

PNPM MAMPU Mendorong Peningkatan Pemberdayaan Perempuan Melalui Sebuah Pilot Proyek di Kabupaten Malang

Lilis Suryani General Pjoject Officer ILO PNPM MAMPU Jatim 
 saat melakukan  FGD dengan kelompok perempuan, tokoh masyarakat
di Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang
Malang - ILO (International Labour Organization) atau Organisasi Buruh Internasional  yang berada dibawah naungan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) bekerjasama dengan PNPM Mandiri Perdesaan dan Perkotaaan melahirkan Program ILO PNPM MAMPU. Program ini mendorong kegiatan pemberdayaan perempuan dalam penanggulangan kemiskinan. Program  ini merupakan salah satu program yang dapat mengakses ketenagakerjaan dan pekerjaan yang layak untuk perempuan.  Melalui pendekatan dengan cara memperkuat ekonomi dan sosial perempuan yang dapat dicapai melalui penyediaan layanan usaha bagi kelompok perempuan. Program ILO PNPM  MAMPU ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan penghidupan (mata pencaharian)  bagi kaum perempuan miskin di Indonesia melaui pemberdayaan ekonomi dan sosial perempuan.
Di Indonesia Program  ILO PNPM MAMPU ini hanya ada di Provinsi Jawa Timur, dan Sumatera Utara. Sedangkan di Jawa Timur sendiri lokasi sasarannya di Kota Surabaya, Kota Malang, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Malang. Untuk di Kabupaten Malang lokasi percontohan  di Kecamatan Pujon dan Kasembon. Penetapan lokasi ini didasari penetapan dari Pusat.  Adapun Kelompok sasaran dari PNPM MAMPU ini adalah perempuan miskin, rentan dan terpinggirkan (bekerja di rumah). Diharapkan dengan adanya Program  ILO PNPM MAMPU ini menjadi daya dukung  dan pendorong berkembangnya kelompok masyarakat yang berbasis kelompok perempuan miskin dan rentan di perdesaan  melalui Kelompok Simpan Pinjam (SPP) yang telah dilakukan pendampingan, penguatan  dan pembinaan oleh Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM Mandiri Perdesaan sehingga kelompok perempuan tidak merasa terpinggirkan.

0 comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI BLOG UPK PNPM MANDIRI PERDESAAN KEC.KREMBUNG, ANDA DAPAT MENJELAJAH SEPUTAR KEGIATAN UPK DI KECAMATAN KREMBUNG

Menurut anda, pelayanan SPP di UPK Krembung itu ?

Keluarga Besar PNPM Mandiri